Pelatihan Service Excellent dengan tema "Membangun Jiwa Service Excellent BerAKHLAK Kepada ASN Kabupaten Tanah Bumbu"

Pada hari Kamis (27-10-2022) bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Batulicin, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan STIA Bina Banua Banjarmasin melaksanakan kegiatan Pelatihan Service Excellent, dengan tema "Membangun Jiwa Service Excellent Berakhlak Pada ASN Kabupaten Tanah Bumbu", dengan narasumber Sistia Raisanty, S.M., CPS,. CDM,. dan Cici Asmawatiy S.E., M.IP., CNMP., CPSE,. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh OPD dan Unit Kerja Pelayanan Kabupaten Tanah Bumbu

 

Acara dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, bapak Rusdiansyah. Dalam sambutannya beliau mengharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan Service Excellent ini, Aparatur Pemerintah dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi pelayanan prima, serta dapat memberikan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Bumi Bersujud, guna membangun jiwa Service Excellent BerAKHLAK kepada ASN Kabupaten Tanah Bumbu.

Latar belakang pelatihan Service Excellent ini adalah untuk menjadikan ASN Kabupaten Tanah Bumbu menjadi pelayan yang BerAKHLAK sesuai dengan semangat reformasi birokrasi yang lebih mengedepankan pelayanan prima sebagai salah satu langkah pemerintah dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, tidak dapat diwujudkan melalui kinerja satu organisasi saja, namun dibutuhkan juga sinergitas kinerja bersama.

 

Pelayanan prima ini bisa diwujudkan dengan empat hal. Pertama, yakni kebijakan pelayanan publik berkualitas yang dapat dilakukan melalui penyusunan standar pelayanan yang up to date, penerapan maklumat pelayanan, evaluasi dan monitoring layanan yang diberikan dengan survei kepuasan masyarakat, dan tindak lanjut pengelolaan pengaduan yang diterima masing-masing unit. Kedua, melalui pelayanan publik berbasis  elektronik. Ketiga, inovasi pelayanan publik yang berkelanjutan, dan terakhir melalui layanan publik yang begengsi.

Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pemateri tentang bagaimana cara kita memberikan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat dengan konsep dasar pelayanan, yaitu 6A + 1S : Attitude (sikap) , Action (tindakan), Attention (perhatian), Ability (kemampuan), Accountability (tanggung jawab), Appearance (penampilan), Sympathy (simpati). 

 

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk peningkatan pelayanan publik di seluruh instansi pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu.


 

Lampiran :